Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, October 28, 2009

Mengenai Burung Hantu

Hari ni tetiba pula nak entry-kan pasal Burung Hantu, burung yang sangat unik dan pelik dan sangat istimewa yang Tuhan cipta daripada burung lain, dan saya sangat berminat dengan burung ini. Burung ini banyak di sekitar kawasan kami disini, tiap-tiap malam ada dengar bunyinya di sekeliling kuarters kami, so mari kita mengenali Burung Hantu ini:- Ada berapa jenis burung hantu di dunia?

  • Menurut ahli ada sekitar 144 spesies burung hantu yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Mereka dibezakan dari ukuran piringan wajah dan telinga. Sebanyak 26 spesies ditemukan di Asia Tenggara.Apa burung hantu itu?
  • Burung hantu adalah burung pemangsa yang memiliki muka rata, kepala besar dan bulat. Berbulu halus dan berekor pendek. Ia mencari makan pada malam hari. Anggota famili Stringiformes itu satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Lazimnya mata burung mengarah ke samping (stereotype). Mata dikelilingi piringan wajah berupa karangan bulu berbentuk bulat atau mirip hati. Paruh burung hantu berkait dan kukunya tajam.
Berapa tinggi dan berat burung hantu?
  • Burung hantu memiliki tinggi 15—80 cm bergantung pada jenisnya. Berat anggota famili Stringiformes itu 55—4.200 gram. Boleh melebarkan sayapnya sehingga 1 meter lebih.
Apa makanan favorit burung hantu?
  • Burung hantu sangat senang makan tikus, burung kecil, ikan, serangga, cacing, dan binatang melata seperti kadal serta ular.Bagaimana burung hantu dapat melihat dan berburu dengan baik di malam hari?
  • Burung hantu memiliki penglihatan 30—100 kali lebih peka daripada manusia. Mata dan selaput beningnya sangat besar. Lensa matanya lebih bundar daripada burung-burung lain yang mencari makan pada siang hari. Berkat keistimewaan itu ia dapat melihat dan menangkap mangsanya meskipun di malam hari.Bagaimana cara burung hantu makan?
  • Burung hantu makan dengan cara menelan terus bulat-bulat mangsanya, tanpa merobek-robekkan dagingnya terlebih dahulu seperti yang dilakukan burung pemangsa lain. Sisanya yang tidak dapat dicerna, seperti tulang dan bulu, dimuntahkan kembali dalam bentuk butiran kecil.Bagaimana burung hantu bisa terbang tanpa mengeluarkan suara?
  • Burung hantu dapat terbang tanpa mengeluarkan bunyi/suara karena ia memiliki sayap yang diliputi bulu halus seperti kapas. Dengan demikian, arus udara yang merupakan salah satu sumber utama timbulnya bunyi dapat dikurangi.
Apa keuntungan bagi burung hantu terbang tanpa suara?
  • Burung hantu terbang tanpa bunyi karena ada 2 sebab. Pertama, mangsa sasaran tidak akan mengetahui kedatangan burung hantu sehingga mudah ditangkap. Kedua, pendengaran burung hantu yang peka itu tidak akan terganggu oleh suara berisiknya sayap. Dengan begitu ia dapat (mengesan tepat) mendeteksi keberadaan mangsanya dengan tepat.
Apakah burung hantu dapat memutar matanya?
  • Burung hantu tidak dapat memutar matanya. Karena itu, ia harus memutar kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang sedang dicamnya. Burung hantu memiliki leher yang sangat fleksibel sehingga dapat berputar sehingga 270ยบ.
Bagaimana cara burung hantu mempertahankan diri dari musuh?
  • Burung hantu mempertahankan diri dengan cara memekarkan bulunya. Sayap dibentangkan dan diputar ke arah depan, diiringi suara berkeletak dengan paruh. Dengan posisi seperti itu, burung hantu terlihat lebih besar daripada aslinya. Kesan yang dihasilkan lebih mengerikan lagi dengan mata besar yang tidak henti-hentinya memandang musuh. Bahkan anak burung hantu yang masih berbulu kapas sekalipun, mampu menghalau musuh dengan cara itu.Berapa jumlah telur burung hantu?
  • Burung hantu bertelur setiap 4,5—5 bulan. Sekali bertelur menghasilkan rata-rata 4—11 biji dengan peluang penetasan sehingga 50%. Jadi, jika bertelur 4 biji maka telur yang akan menetas dan menjadi burung hantu hanya 2 biji. Bentuk telur bulat, berwarna putih. Yang bertugas mengerami telur adalah burung hantu betina. Sedangkan yang jantan mencari makan untuk si betina. Masa pengeraman berlangsung sekitar 4—5 minggu.Di manakah burung hantu bersarang?
  • Kebanyakan jenis burung hantu bersarang di lubang pokok atau lubang-lubang pada bangunan atau gedung-gedung.

3 comments:

vsint June 17, 2011 at 5:19 PM  

Burung hantu memang mengagumkan...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

wibiya widget

Pages

asal-usul tetamu

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP